Pages

Menghilangkan Cacat Karakter

Jumat, 01 Juni 2012

Cacat karakter adalah suatu sifat dalam diri kita yang tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan. Karakter yang cacat itu dapat berupa kekuatiran, egois, kesombongan, iri hati, pikiran kotor, susah memaafkan kesalahan orang lain dan karakter-karakter lain yang dapat menimbulkan dosa. Cacat karakter dapat berakibat pada konflik dan perselisihan pada orang – orang yang ada di sekitar kita.
            Untuk dapat menghilangkan cacat karakter ini, kita harus mengetahui terlebih dahulu sumber dari cacat karakter tersebut. 3 hal yang menjadi sumber cacat karakter adalah
·         Kromoson
Secara biologis, ada hal-hal yang diwariskan oleh orang tua kita salah satunya adalah kromoson. Ada 23 kromoson yang kita peroleh dari Ayah dan 23 kromoson dari Ibu. Itulah salah satu factor yang menentukan karakter kita. Untuk lebih jelasx, Tanya pada google J
·         Situasi lingkungan
Lingkungan juga dapat membentuk karakter kita. Saat kita berada di lingkungan orang – orang yang mungkin rajin belajar, maka secara tidak langsung hal tersebut juga akan memotivasi kita untuk menjadi orang yang rajin belajar. Sebaliknya, saat kita berada di lingkungan yang tidak baik makahal itu berpeluang untuk membentuk karakter kita menjadi kurang baik.
·         Pilihan kita sendiri
Terkadang kita telah sadar dengan karakter buruk dalam diri kita, namun kita pasrah dengan hal tersebut. Kita memilih untuk meneruskan sesuatu yang sebenarnya salah.
            Saat kita sadar akan karakter kita yang cacat (kurang baik), kita tidak serta-merta mengubahnya. Ada juga orang-orang yang berusaha mengubah karakter tersebut tapi gagal. Kegagalan itu dapat disebabkan karena kita telah terbiasa dengan keadaan tersebut bahkan cenderung menikmatinya walaupun kita tau bahwa itu salah. Saat seseorang berkata “mengapa kau begitu pemarah ?”, beberapa orang sering membalas dengan kalimat “saya memang memiliki sifat itu sedari duluh, maklumi saja”. Dengan berkata seperti itu kita sebenarnya telah menyerah dan membiarkan karakter buruk itu berdiam dalam diri kita. Ingatlah saat kita berusaha untuk memperbaiki karakter buruk itu, iblis juga berusaha keras menggagalkannya. Jangan sampai iblis mematahkan semangat kita untuk berubah.
            Saat kita beusaha mengikis karakter buruk dalam diri kita, banyak proses yang akan kita lalui. Jangan berharap bahwa karakter-karakter buruk itu akan hilang secara keseluruhan. Hal yang harus kita lakukan adalah
·         Kikis kekurangan anda satu-persatu.
Jangan pernah berharap karakter buruk itu akan hilang secara menyeluruh. Kita harus belajar focus pada satu perubahan saja. Jika kita bekerja keras untuk mengubahnya,maka perlahan-lahan karakter itu akan terkikis. Tidaklah mudah untuk melakukan hal tersebut, bahkan mungkin membutuhkan waktu yang lama. Oleh sebab itu jangan pernah menetapkan batas waktu untuk diri kita.
·         Fokus pada kuasa Allah, bukan pada kekuatan anda.
Terkadang kita terlalu takut untuk memulai suatu perubahan dalam diri kita. Jangan terlalu focus pada kekuatan kita sendiri. Saat kita kuatir, hal itu menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya tergantung pada Tuhan dan masih mengandalkan kekuatan diri sendiri. Belajarlah untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap hal. Pusatkan perhatian pada penolong, bukan penghalang !
·         Berdoa
Jangan lupa untuk terus mendoakan setiap hal yang ingin kita ubah dalam diri kita. Berdoa, berarti kita telah menaruh pengharapan penuh kepada Tuhan. Ingatlah bahwa pengharapan dalam Tuhan tidak pernah mengecewakan.
            Ketika kita telah berhasil mengubah karakter – karakter buruk dalam diri kita, belajarlah untuk membagi itu kepada orang lain. Jangan hanya berhenti sampai di kita, orang lain juga membutuhkan kesembuhan dari cacat karakter.
Tuhan memberkati J
Ayat Alkitab :
Jadi akhirnya saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajukan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.
Filipi 4 : 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS